Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Pelayanan Informasi Publik, DPMPTSP Kaltim Gelar FGD Optimalisasi Pengunaan Media Sosial
Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Pelayanan Informasi Publik, DPMPTSP Kaltim Gelar FGD Optimalisasi Pengunaan Media Sosial
Bidang Layanan Pengaduan Dan Informasi Perizinan DPMPTSP Kaltim menggelar FGD Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Melalui Optimalilsasi Media Sosial dalam rangka meningkatkan citra pemerintah khususnya terkait engagement publik pada media social, Kamis, (15/6). Kepala DPMPTSP Kaltim diwakili Sekretaris DPMPTSP mengatakan Saat ini dihadapkan pada era globalisasi, dimana hal yang paling menyolok dan menjadi ciri era globalisasi yaitu kecepatan informasi dan kecanggihan teknologi yang perkembangannya begitu cepat.
Ia menambahkan, publikasi tersebut harus ditulis secara informatif agar masyarakat dapat memahami dan merasakan manfaatnya.
“Melihat kemajuan dan perkembangan zaman, institusi pemerintah melalui humas sudah sepatutnya mengikuti kemajuan serta perkembangan zaman dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Harapannya informasi-informasi yang disediakan dan disampaikan akan lebih mudah dipahami,”Kata Sekretaris DPMPTSP Kaltim
Kegiatan menghadirkan Narasumber yakni Kepala Dinas Kominfo Kaltim, Muhammad Faisal dan Pranata Humas Ahli Muda Kementerian Investasi/BKPM, Tessal Maharizky Febrian.
Lebih lanjut, Tessal Maharizky Febrian, Pranata Humas Ahli Muda Kementerian Investasi/BKPM mengungkapkan bahwa berbicara tentang media sosial, tentu ada beragam aspek yang harus diperhatikan untuk menciptakan engagement yang baik pada media sosial pemerintah. Untuk menghasilkan itu semua, perlu diatur starategi-strategi yang tepat, jitu, dan sesuai target sehingga secara keseluruhan nantinya berpengaruh pada citra pemerintah.
Terpisah, Pada kesempatan ini Muhammad Faisal, Kadiskominfo Kaltim membahas mengenai berbagai strategi untuk media sosial, di antaranya bagaimana cara kita memahami algoritma dan social metrics, strategi meningkatkan engagements, mengelola media sosial secara efektif, strategi komunikasi, dan strategi konten.
“Untuk algoritma sendiri bagaimana mengurutkan konten di feed berdasarkan relevansi konten terhadap seorang pengguna, dan dipengaruhi oleh perilaku pengguna tersebut. Tidak semua konten kita unggah misal di feed instagram, mungkin bisa saja di reels, tergantung ketepatan konten yang akan diunggah," ujarnya
Sosial Media