Gubernur Kaltara Zainal Paliwang & Walikota Bontang Menyimak Serius Paparan Konsep Aplikasi Perizinan Digital E-PTSP Garapan DPMPTSP Kaltim

Gubernur Kaltara Zainal Paliwang & Walikota Bontang Menyimak Serius Paparan Konsep Aplikasi Perizinan Digital E-PTSP Garapan DPMPTSP Kaltim

Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Paliwang Bersama Walikota Bontang Basri Rase Nampak serius menyimak penjelasan dari Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Harjanto pada stand DPMPTSP Kaltim dalam gelaran pameran menyambut Hari Anti Korupsi Sedunia di kompleks Rumah Dinas Gubernur Kaltim Odah Etam Jl. Gajah Mada, Samarinda, Rabu 16 november 2022.

Kepala DPMPTSP Kaltim, Puguh Harjanto memaparkan dihadapan Gubernur Kaltara Zainal Paliwang, Walikota Bontang Basri Rase yang berkunjung ke stand DPMPTSP Kaltim, Aplikasi perizinan E-PTSP merupakan inovasi layanan DPMPTSP Kaltim dimana merupakan aplikasi yang didesain untuk pengolahan data dan informasi serta pelayanan perizinan khususnya untuk DPMPTSP Provinsi Kaltim dan Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan layanan perizinan secara elektronik dan paperless.

Fitur-fitur dalam aplikasi E-PTSP berisi kemudahan dalam konfigurasi suatu layanan, mulai dari penambahan layanan baru, persyaratan hingga output cetakan, kemudahan dalam konfigurasi SOP, Verifikasi dan approval berjenjang, terintegrasi dengan OPD teknis, fleksibilitasi reporting serta arsip digital.

Beberapa integrasi Aplikasi E-PTSP besutan DPMPTSP Kaltim yakni integrasi NIK (Disdukcapil), integrasi NPWP (Dirjen Pajak), BPJS Kesehatan, NPWPD (Bapenda), NOP (Bapenda), IMB - PBB (Bapenda), Reklame (Bapenda).

Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Harjanto mengucapkan terima kasih kepada stakeholder atas terselengara kegiatan ini. Puguh menyampaikan, sejumlah progres yang sedang menjadi fokus DPMPTSP Kaltim, yakni revitalisasi dan penyempurnaan sejumlah insfrastruktur pelayanan perizinan di mana salah satunya penerapan Aplikasi Perizinan E-PTSP.

Puguh menambahkan, E-PTSP merupakan langkah menuju era digitalisasi terutama di masa pandemi yang belum diketahui akhirnya. Sebagai konsekuensi era digitalisasi, adanya keterbukaan informasi publik sangat penting dan tidak bisa dihindari, terutama komitmen dalam pengelolaan dan pelayanan keterbukaan informasi kepada masyarakat. Kegiatan menghadirkan narasumber dari Konsultan yang telah bekerjasama dengan DPMPTSP Kaltim.

Puguh hadir mendampingi Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi dalam kegiatan di Pendopo Odah Etam tersebut.