img

DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur.

FAQ (Frequently Asked Question)

Berikut merupakan pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan Layanan Otomatisasi Perizinan Online.

Pendaftaran Perizinan

Kami telah merangkum beberapa informasi penting berkaitan dengan Layanan Pendaftaran Perizinan.
Apabila masih ada informasi yang kurang jelas, Anda dapat langsung menghubungi kontak kami.

Mengapa perlu membuat akun untuk melakukan pendaftaran perizinan?

Petugas kami perlu melakukan validasi setiap data yang akan kami proses, sehingga hanya akun yang sudah di validasi yang bisa melakukan proses pendaftaran perizinan. Akun Anda juga berguna untuk melihat progres/status perizinan Anda.

Mengapa perlu memberikan data nomor handphone dan alamat email?

Data nomor handphone dan email akan kami gunakan untuk memberikan informasi kepada Anda perihal progres perizinan Anda. Selain itu juga digunakan untuk validasi awal akun Anda.

Dimana bisa melihat persyaratan pendaftaran perizinan?

Persyaratan untuk pengurusan berbagai jenis izin dapat Anda lihat di halaman Layanan Pendaftaran Perizinan ini. Pastikan Anda melengkapi softcopy berkas yang diperlukan agar tidak ada kendala saat proses pendaftaran perizinan Anda.

Mengapa gagal pada saat upload berkas data dukung perizinan?

Mohon untuk memperhatikan bahwa kami hanya menerima berkas data dukung dengan format ekstensi PDF. Selain itu harap melakukan compress apabila file terlalu besar karena kami membatasi maksimal filesize untuk di upload.

Mengapa softcopy data dukung yang diupload harus dengan ekstensi .PDF?

Kami membatasi hanya menggunakan format .PDF untuk menjaga keaslian data dukung yang Anda upload serta untuk mempermudah manajemen file kami.

Dimana bisa melakukan pengecekan proses perizinan setelah submit data?

Sistem kami akan mengirimkan email berisi kode tracking perizinan Anda setelah data pendaftaran perizinan Anda telah diverifikasi. Gunakan kode tracking untuk memantau proses perizinan di Layanan E-Tracking kami.

Apakah pihak yang mengurus izin akan diberitahu bila ada kelengkapan berkas data dukung yang kurang?

Ya, petugas kami akan menginfokan via akun pendaftaran izin dan Layanan E-Tracking terkait kelengkapan berkas data dukung yang kurang agar proses perizinan Anda bisa berlanjut sampai selesai.

Berapa lama waktu yang diperlukan sampai izin bisa diterbitkan?

Setiap izin memiliki jangka waktu pengerjaan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Untuk lebih detail silahkan melihat keterangan yang ada di akun perizinan Anda.

E-Tracking

Kami telah merangkum beberapa informasi penting berkaitan dengan Layanan E - Tracking.
Apabila masih ada informasi yang kurang jelas, Anda dapat langsung menghubungi kontak kami.

Apa itu Kode Tracking Perizinan?

Kode tracking perizinan merupakan susunan huruf dan angka yang dihasilkan secara otomatis setelah Anda melakukan pendaftaran perizinan. Contoh kode tracking : 15072017-SKT-024-5zXk. Kode tracking terdiri dari informasi tanggal, jenis izin, serta kode register pendaftaran izin Anda.

Apa itu QR Code?

QR Code merupakan barcode 2 dimensi yang berbentuk gambar unik seperti susunan puzzle. Apabila gambar QR Code discan dengan menggunakan aplikasi khusus pada smartphone akan menampilkan data kode tracking perizinan Anda.

Dari mana mendapatkan QR Code Tracking Perizinan?

QR Code Tracking Perizinan akan dikirimkan secara otomatis via email setelah Anda selesai melakukan pendaftaran perizinan. Pastikan mengecek folder SPAM pada email apabila Anda tidak menemukan email dari sistem kami pada folder INBOX.

Bagaimana jika kode tracking hilang/tidak ditemukan pada email setelah pendaftaran perizinan?

Segera hubungi tim support OPO untuk melaporkan perihal kode tracking perizinan Anda. Tim kami akan menelusuri laporan dan mengirimkan ulang kode tracking perizinan Anda.

Bagaimana jika kode tracking perizinan menampilkan izin yang tidak sesuai?

Segera hubungi tim support OPO untuk melaporkan perihal kode tracking perizinan Anda. Tim kami akan menelusuri laporan dan mengoreksi data apabila kesalahan memang terjadi di sistem kami.

Apakah ada pemberitahuan via email untuk setiap perubahan progress status perizinan?

Sistem kami hanya memberikan pemberitahuan via email pada saat submit awal data pendaftaran perizinan dengan mengirimkan Kode Tracking perizinan Anda. Untuk perubahan status perizinan bisa dipantau melalui Layanan E-Tracking.

E-Warning

Kami telah merangkum beberapa informasi penting berkaitan dengan Layanan E - Warning.
Apabila masih ada informasi yang kurang jelas, Anda dapat langsung menghubungi kontak kami.

Apa itu Kode Tracking Perizinan?

Kode tracking perizinan merupakan susunan huruf dan angka yang dihasilkan secara otomatis setelah Anda melakukan pendaftaran perizinan. Contoh kode tracking : 15072017-SKT-024-5zXk. Kode tracking terdiri dari informasi tanggal, jenis izin, serta kode register pendaftaran izin Anda.

Apa itu QR Code?

QR Code merupakan barcode 2 dimensi yang berbentuk gambar unik seperti susunan puzzle. Apabila gambar QR Code discan dengan menggunakan aplikasi khusus pada smartphone akan menampilkan data kode tracking perizinan Anda.

Apakah QR Code Tracking Perizinan dapat digunakan di Layanan E - Warning?

QR Code Tracking Perizinan bisa digunakan pada Layanan E-Warning untuk mengetahui masa berlaku perizinan Anda. Informasi masa berlaku perizinan hanya tampil apabila perizinan Anda dalam status sudah terbit.

Bagaimana jika kode tracking hilang/tidak ditemukan pada email setelah pendaftaran perizinan?

Segera hubungi tim support OPO untuk melaporkan perihal kode tracking perizinan Anda. Tim kami akan menelusuri laporan dan mengirimkan ulang kode tracking perizinan Anda.

Bagaimana jika kode tracking perizinan menampilkan izin yang tidak sesuai?

Segera hubungi tim support OPO untuk melaporkan perihal kode tracking perizinan Anda. Tim kami akan menelusuri laporan dan mengoreksi data apabila kesalahan memang terjadi di sistem kami.

Apakah ada pemberitahuan via email apabila izin mendekati masa kedaluwarsa?

Sistem kami akan mengirimkan pemberitahuan secara otomatis ketika izin Anda telah mendekati masa kedaluwarsa/expired. Pemberitahuan akan dikirimkan via sms dan email.