Jl. Basuki Rahmat No.56, Samarinda 75112


Rabu, 03 Februari 2016      BPPMD Prov. Kaltim      543 kali

Kajian Peluang Investasi Provinsi Kalimantan Timur (Singkong Gajah, Limbah Sawit dan Kelapa Dalam)

Penulis : BPPMD Prov. Kaltim
Penerbit : BPPMD Prov. Kaltim
Jumlah Halaman : 91 Halaman
Ukuran File : 2.43 MB
Tipe File : application/pdf

Keterangan :

Krisis energi di Indonesia sudah mulai menunjukkan gejalanya. Pada 2015 diperkirakan Indonesia kekurangan pasokan minyak dan gas 2,4-2,5 juta BOEPD. "Kalau tidak ada penemuan cadangan baru sekitar 11-12 tahun lagi, Indonesia akan kehabisan oil and gas dan jadi net importer.

Pengembangan bioenergi yang dalam hal ini merupakan pengembangan energi yang berasal dari bahan-bahan nabati, seperti jarak, kelapa sawit, tebu, singkong, jagung, dan lain-lain, serta biomassa. Produk bioenergi dapat berupa bahan bakar padat nabati, bahan bakar nabati cair, bahan bakar gas nabati dan bio-listrik.

Meningkatnya kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di seluruh kalangan masyarakat, tidak hanya menimbulkan permasalahan, namun juga memberikan peluang bisnis baru bagi para produsen energi alternatif. Beragam penelitian pun mulai dikembangkan untuk mendapatkan sumber energi pengganti yang harganya relatif lebih murah dan pastinya ramah bagi lingkungan sekitar; sebut saja bioetanol singkong gajah yang kini mulai dikembangkan diberbagai belahan dunia sebagai pengganti bahan bakar minyak.



Download


Kembali
Link Instansi Terkait