Senin, 09 September 2019      Decky      14 kali

MENJALANKAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK MELALUI PPID

Hari Rabu (4/9/2019) DPMPTSP Provinsi Kaltim menghadiri kegiatan Workshop Pemutakhiran informasi beserta dokumentasi website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dilanjutkan perkenalan aplikasi Aspirasi Etam bertempat di ruang aula Kudungga kantor Diskominfo Provinsi Kaltim. Kegiatan Workshop ini dibuka langsung oleh Sekretaris Diskominfo Kaltim Hj Eka Wahyuni didampingi Kasi Pengolahan Opini dan Komunikasi Publik Irene Yuriantini, Kasubag Umum Agus Priyanto dengan Narasumber Fery & Adi Setiawan diikuti perwakilan 39 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diundang di lingkup Pemprov Kaltim.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Workshop ini untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik dengan cara memperbaharui informasi beserta dokumentasinya di website lingkup instansi masing-masing, memberikan kemudahan pelayanan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kepada khalayak publik, dan mewujudkan operator website yang berkompeten dalam rangka pelaksanaan UU Keterbukaan Informasi Publik.


Diskominfo Provinsi Kaltim sendiri telah menetapkan peningkatan kualitas pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik menjadi salah satu program prioritas dalam pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2019-2023. Untuk itu kegiatan workshop ini digelar agar setiap OPD di Lingkup Pemprov Kaltim bersungguh-sungguh menjalankan UU Keterbukaan Informasi Publik demi mewujudkan Kaltim terbuka dan informatif.

Selain kegiatan Workshop ini, juga digelar pelatihan aplikasi layanan online Penyampaian Aspirasi/aduan masyarakat Provinsi Kalimantan Timur (Aspirasi Etam). Aplikasi Aspirasi Etam dikembangkan oleh Diskominfo Provinsi Kaltim berlatar belakang dari tuntutan khalayak publik yang semakin gencar digaungkan mengenai keterbukaan informasi publik sekaligus sebagai sarana penyampaian aspirasi kepada Pemerintah. Tujuan dikembangkan aplikasi ini untuk memperbaiki kinerja sekaligus menindaklajuti aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan dengan harapan pelayanan informasi publik lebih efektif sekaligus efisien, dan menjadi nilai lebih dari penyelenggaraan Keterbukaan Informasi publik.

Kembali
Link Instansi Terkait