Kamis, 05 September 2019      Decky      19 kali

MENGHADIRI FORUM PENYUSUNAN REVISI RTRW KOTA SAMARINDA DEMI MEWUJUDKAN IKLIM INVESTASI DI PROVINSI

Hari Rabu (3/4/2019) DPMPTSP Provinsi Kaltim menghadiri forum Review Penyusunan Revisi RTRW Kota Samarinda bertempat di Dinas Pekerjaan Umum&Penataan Ruang Kota Samarinda Jl.Di.Panjaitan dihadiri pejabat instansi terkait. Tujuan dari forum ini untuk mewujudkan Kota Samarinda sebagai Kota Perdagangan dan Jasa Berskala Nasional dengan peningkatan kualitas lingkungan yang nyaman dan berkelanjutan. DPMPTSP Provinsi Kaltim sebagai OPD Leading Sector Penanaman modal turut diundang dalam forum ini diwakili oleh Kepala Seksi Perencanaan dan Deregulasi Penanaman Modal Nino Rozaldi,S.E.

“Kami hadir dalam forum ini untuk menyampaikan pendapat sekaligus saran kepada Pemerintah Kota Samarinda dalam hal ini Dinas PUPR Samarinda agar bagaimana revisi RTRW Kota Samarinda mengakomodasi kepentingan ekonomi dan kepentingan investasi tanpa menabrak kepentingan umum sekaligus berkontribusi dalam mewujudkan visi Kota Samarinda sebagai kota perdagangan dan jasa” Kata Nino

 


Berdasarkan data yang dipresentasikan,laju pertumbuhan ekonomi Kota Samarinda dari tahun 2013-2018 berjalan tidak stabil dimana pertumbuhan ekonomi tertinggi terjadi di tahun 2013 sebesar 5,43% kemudian anjlok di tahun 2014 dimana pertumbuhan ekonomi hanya tumbuh 0,04%. Di tahun 2017 laju pertumbuhan ekonomi stabil di angka 4,98%. Tentu dari data yang dipresentasikan ini menjadi pedoman agar revisi RTRW bisa mengakodomir kepentingan ekonomi tanpa menabrak RTRW itu sendiri.

Kota Samarinda saat ini sudah berkembang sangat pesat dimana infrastruktur dan konektivitas wilayah sudah tersambung satu sama lain. Keberadaan Bandara APT Pranoto mendorong konektivitas yang signifikan sebagai penghubung atau simpul kegiatan perekonomian dan distribusi barang bagi Kawasan sekitarnya terutama di sektor perdagangan dan jasa. Tidak saja sektor perdagangan dan jasa saja, sektor konstruksi, industri pengolahan, dan pertambangan & penggalian menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di Samarinda.

Tentu hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan agar bagaimana pertumbuhan ekonomi bisa mengakodimir kepentingan publik tanpa perlu menabrak RTRW. Revisi pedoman RTRW Kota Samarinda diharapkan bisa menjadi pedoman OPD Teknis terkait dalam mewujudkan Iklim Investasi yang kondusif dan berkelanjutan sekaligus melakukan pengawalan perizinan sesuai dengan peruntukkannya.

 

 

Kembali
Link Instansi Terkait