Jl. Basuki Rahmat No.56, Samarinda 75112


Rabu, 05 Oktober 2016      riodalwas      2079 kali

KEJAR TARGET, BPMPTSP LAKUKAN BIMBINGAN DAN SOSIALISASI PELAPORAN TATA CARA PENGISIAN LKPM ONLINE

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menargetkan realisasi investasi PMA DAN PMDN yang akan dicapai ditahun 2016 sebesar 39,33 Triliun, namun dalam realisasi investasi hingga bulan juni 2016 atau triwulan II yang tercapai baru sebesar 8,43 triliun


Dalam upaya untuk mencapai target tersebut pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam hal ini BPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur mengadakan rapat dengan kurang lebih 40 perusahaan pada triwulan III ini yang digelar dari tanggal 28 - 29 September 2016 di Kantor BPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur.

Acara sosialisasi ini dibagi menjadi 2 (dua) hari dimana pada hari pertama Rabu (28/09/2016) diselenggarakanya rapat dihadiri oleh 23 perusahaan yang salah satu dari perusahaan tersebut mewakili 7 perusahaan pertanian untuk hari kedua Kamis (29/09/2016) dhadiri 9 perusahaan dan ada beberapa perusahaan yang tidak dapat hadir karena satu dan lain hal. 

Acara yang dibuka dan dipimpin langsung oleh kepala BPMPTSP Prov. Kaltim, H. Diddy Rusdiansyah. AD membahas beberapa hal, antara lain mensosialisasikan kembali teknis pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) online melalui website yang nantinya diterima oleh BPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur dan diteruskan ke BKPM pusat, menginformasikan hak akses yang akan digunakan oleh perusahaan masing-masing, serta penyampaian permasalahan perusahaan melalui LKPM tersebut.

Dalam pembahasan rapat tersebut BPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur mensosialisasikan kembali terkait target realisasi investasi melalui pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal online agar setiap realisasi investasi penanaman modal dapat terdata sesuai arahan dari BKPM Republik Indonesia dan juga mendorong kepada setiap perusahaan untuk segera membuat hak akses untuk pengisian pelaporan LKPM online tersebut.

Tujuan rapat ini salah satunya adalah mempermudh investor PMA/PMDN dalam melaporkan LKPM setiap triwulan/semester, mengurangi biaya dan memangkas jalur komunikasi agar bisa lebih cepat diterima oleh BPMPTSP prov Kaltim dan BKPM RI.

Dalam jangka waktu pelaporan LKPM dibagi menjadi setiap 3 (tiga) bulanan atau triwulan, yaitu :

  1. LKPM Triwulan I untuk periode pelaporan Januari-Maret, disampaikan paling lambat 10 April tahun bersangkutan;
  2. LKPM Triwulan II untuk periode pelaporan April-Juni, disampaikan paling lambat 10 Juli tahun bersangkutan;
  3. LKPM Triwulan III untuk periode pelaporan Juli-September, disampaikan paling lambat 10 Oktober tahun bersangkutan;
  4. LKPM Triwulan IV untuk periode pelaporan Oktober-Desember, disampaikan paling lambat 10 Januari tahun berikutnya.

Pada rapat realisasi investasi triwulan III tersebut BPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur meminta agar setiap perusahaan untuk aktif dalam mengisi setiap pelaporanya melalui LKPM online agar tidak adanya keterlambatan dalam pelaporan tersebut yang berakibat pada realisasi inventasi yang tidak terdata nantinya,

Perusahaan juga diminta mengisi setiap permasalahan yang berada dalam perusahaan tersebut sehingga BPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur dalam melaporkan kepada BKPM RI untuk ditindaklanjuti dan juga menginformasikan kepada setiap perusahaan bahwa LKPM tidak ada kaitanya dengan laporan pajak pada masing-masing perusahaan.

Kembali
Link Instansi Terkait