BPPMD
POSISI : BERANDA SEKTOR PERHUBUNGAN
 PERSYARATAN PERIZINAN
No. Persyaratan Keterangan
1 Salinan Akte Notaris Pendirian Perusahaan :
a. Pendirian Pertama
b. Perubahan - Perubahan
Wajib
2 Bukti Memiliki Modal Usaha dan Peralatan yang cukup, sesuai dengan perkembangan teknologi. Wajib
3 Data Tenaga Kerja / Personalia. Wajib
4 Bukti memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Wajib
5 Bukti memiliki Surat Keterangan Domisili. Wajib
6 Bukti memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur Utama / Penanggung Jawab. Wajib
7 Lain-lain :
a. Surat Permohonan
b. Rekomendasi KSOP/UPP
c. Rekomendasi Asosiasi / ALFI.
Wajib
No. Persyaratan Keterangan
1 Salinan Akte Notaris Pendirian Perusahaan :
a. Pendirian Pertama
b. Perubahan - Perubahan
Wajib
2 Bukti Memiliki Modal Usaha :
a. Modal dasar Rp. 1 Milyar modal disetor Rp. 250 Juta
b. Modal dasar Rp. 500 Juta modal dasar disetor Rp. 125 Juta
c. Disesuaikan dengan kebijakan Gubernur
Wajib
3 Bukti memiliki Sertifikat Tenaga Ahli min. D.III Nautika / Teknika. Wajib
4 Bukti memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Wajib
5 Bukti memiliki Surat Keterangan Domisili. Wajib
6 Bukti memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur Utama / Penanggung Jawab. Wajib
7 Memiliki Peralatan Bongkar Muat :
a. Forklief
b. Pallet
c. Ship Side Net
d. Rope Net
e. Wire Net
f. Lain-lain
Wajib
8 Lain-lain :
a. Surat Permohonan
b. Rekomendasi KSOP/UPP
c. Rekomendasi Asosiasi / ALFI.
Wajib
No. Persyaratan Keterangan
1 Surat Permohonan yang bersangkutan. Wajib
2 Surat Permintaan Advis Teknis dari BPMPTSP. Wajib
3 Rekaman Akta Pendirian Perusahaan. Wajib
4 Rekaman Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Wajib
5 Surat Izin Usaha Pokok. Wajib
6 Rekaman Akte/Sertifikat Penguasaan Tanah. Wajib
7 Berita Acara Peninjauan Lapangan Tim-tim Terpadu. Wajib
8 Studi Kelayakan (FS) Pelabuhan. Wajib
9 AMDAL/UKL/UPL. Wajib
A. PERSYARATAN ADMINISTRASI (KAPAL BARU)
No. Persyaratan Keterangan
1 Surat Permohonan Wajib
2 Rekaman KartuTanda Penduduk (KTP) Pemilik Kapal Wajib
3 Gambar / Foto Kapal Wajib
4 Surat Keterangan dari Galangan (bagi kapal baru) Wajib
5 Kwitansi Pembelian atau Surat Keterangan Hak Milik yang diketahui oleh Lurah / Kades Wajib
6 Bukti Pembayaran Retribusi Wajib
B. PERSYARATAN TEKNIS (KAPAL BARU)
No. Persyaratan Keterangan
1 Berita Acara Pengukuran Kapal Wajib
2 Berita Acara Pemeriksaan Kapal Wajib
A. PERSYARATAN ADMINISTRASI (KAPAL PERPANJANGAN)
No. Persyaratan Keterangan
1 Surat Permohonan Wajib
2 Rekaman KartuTanda Penduduk (KTP) Pemilik Kapal Wajib
3 Sertifikat Kelaikan Kapal yang lama Wajib
4 Bukti Pembayaran Retribusi Wajib
B. PERSYARATAN TEKNIS (KAPAL PERPANJANGAN)
No. Persyaratan Keterangan
1 Berita Acara Pengukuran Kapal Wajib
2 Berita Acara Pemeriksaan Kapal Wajib
No. Persyaratan Keterangan
1 Surat Permohonan. Wajib
2 Surat Persetujuan Pengoperasian Kapal Angkutan Sungai dan Danau. Wajib
3 Kartu Pengawasan Izin Trayek. Wajib
4 Fotocopy Sertifikat Kelaikan dan Kebangsaan Sungai dan Danau. Wajib
5 Fotocopy Surat Pendaftaran dan Kelengkapan Sarana Angkutan Sungai dan Danau. Wajib
6 Foto copy untuk mendapatkan Izin Usaha Angkutan Sungai. Wajib
7 Surat Keterangan Hibah Wajib
8 Surat Keterangan Kematian Wajib
9 Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Wajib
10 Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Wajib
No. Persyaratan Keterangan
1 Surat Permohonan. Wajib
2 Izin Usaha Angkutan Sungai dan Danau (SIUASDA). Wajib
3 Bukti kesiapan kapal untuk dioperasikan sesuai ketentuan pengangkutan BBM :
a. Kartu Tanda Anggota Hiswana Migas
b. Surat Perjanjian Agen Premium dan Minyak Solar (APMS)
Wajib
4 Nama dan ukuran kapal. Wajib
5 Trayek yang dilayani. Wajib
6 Fotocopy KTP dan NPWP. Wajib
7 Fotocopy Sertifikat. Wajib
8 Foto copy Izin Usaha Angkutan Sungai dan Danau. Wajib
9 Surat pendaftaran dan kelengkapan Sarana Angkutan Sungai dan Danau. Wajib
10 Pas kapal pedalaman / perairan daratan Wajib
11 Foto kapal yang ada nama kapal dan tanda selar (GT), serta tanda keselamatan. Wajib
No. Persyaratan Keterangan
1 Surat Permohonan. Wajib
2 Izin Usaha Angkutan Sungai dan Danau (SIUASDA). Wajib
3 Bukti kesiapan kapal untuk dioperasikan sesuai ketentuan pengangkutan BBM :
a. Kartu Tanda Anggota Hiswana Migas
b. Surat Perjanjian Agen Premium dan Minyak Solar (APMS)
Wajib
4 Nama dan ukuran kapal. Wajib
5 Trayek yang dilayani. Wajib
6 Fotocopy KTP dan NPWP. Wajib
7 Fotocopy Sertifikat. Wajib
8 Foto copy Izin Usaha Angkutan Sungai dan Danau. Wajib
9 Surat pendaftaran dan kelengkapan Sarana Angkutan Sungai dan Danau. Wajib
10 Pas kapal pedalaman / perairan daratan Wajib
11 Foto kapal yang ada nama kapal dan tanda selar (GT), serta tanda keselamatan. Wajib
12 Surat jual beli kapal / kwitansi. Wajib
No. Persyaratan Keterangan
1 Surat Permohonan yang ditandatangani diatas materai. Wajib
2 Izin Usaha Angkutan Sungai dan Danau (SIUASDA). Wajib
3 Bukti kesiapan kapal untuk dioperasikan sesuai ketentuan yang berlaku serta kapal yang sesuai dengan spesifikasi trayek yang akan dilayani Wajib
4 Nama dan ukuran kapal (GT). Wajib
5 Trayek yang dilayani. Wajib
6 Fotocopy KTP dan NPWP. Wajib
7 Fotocopy Sertifikat. Wajib
8 Foto copy Izin Usaha Angkutan Sungai dan Danau. Wajib
9 Surat pendaftaran dan kelengkapan Sarana Angkutan Sungai dan Danau. Wajib
10 Pas kapal pedalaman / perairan daratan Wajib
11 Foto kapal yang ada nama kapal dan tanda selar (GT), serta tanda keselamatan. Wajib
12 Asli Persetujuan Pengoperasian Kapal Angkutan Sungai dan Danau. Wajib
13 Kartu Asli Pengawasan Izin Trayek. Wajib
No. Persyaratan Keterangan
1 Surat Permohonan. Wajib
2 Fotocopy Sertifikat kelaikan dan kebangsaan kapal sungai dan danau. Wajib
3 Fotocopy Surat pendaftaran dan kelengkapan sarana angkutan sungai dan danau Wajib
4 Fotocopy Surat izin usaha angkutan sungai dan penyeberangan. Wajib
5 Fotocopy Surat ukur kapal sungai dan danau. Wajib
6 Fotocopy Pas kapal pedalaman / perairan daratan. Wajib
7 Kartu Pengawasan izin trayek yang telah habis masa berlakunya Wajib
8 Fotocopy Surat persetujuan pengoperasian kapal angkutan sungai dan danau yang telah habis masa berlakunya. Wajib
9 Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP). Wajib
10 Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Wajib
11 Foto kapal yang ada nama kapal dan tanda selar (GT), serta tanda keselamatan. Wajib
No. Persyaratan Keterangan
1 Surat Permohonan. Wajib
2 Fotocopy Sertifikat kelaikan dan kebangsaan kapal sungai dan danau. Wajib
3 Fotocopy Surat pendaftaran dan kelengkapan sarana angkutan sungai dan danau Wajib
4 Fotocopy Surat izin usaha angkutan sungai dan penyeberangan. Wajib
5 Kartu Pengawasan izin trayek yang telah habis masa berlakunya Wajib
6 Surat persetujuan pengoperasian kapal angkutan sungai dan danau yang telah habis masa berlakunya. Wajib
7 Kwitansi jual beli / Akta perjanjian jual beli kapal. Wajib
8 Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Penjual dan Pembeli. Wajib
9 Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Wajib
10 Foto kapal yang ada nama kapal dan tanda selar (GT), serta tanda keselamatan. Wajib
No. Persyaratan Keterangan
1 Surat Permohonan. Wajib
2 Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP). Wajib
3 Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Wajib
4 Fotocopy Surat izin usaha angkutan sungai dan danau. Wajib
5 Fotocopy Registrasi kapal (surat pendaftaran dan kelengkapans arana angkutan sungai dan danau) Wajib
6 Fotocopy Sertifikat kesempurnaan. Wajib
7 Fotocopy Izin Trayek (izin operasi). Wajib
No. Persyaratan Keterangan
1 Surat Permohonan. Wajib
2 Surat Pertimbangan Teknis dari Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda. Wajib
3 Keputusan Gubernur Kalimantan Timur tentang Izin Trayek AKDP yang ditandatangani oleh Dinas Perhubungan, ditindaklanjuti dengan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur tentang Pelaksanaan Keputusan Izin Trayek AKDP yang lama (bagi pemohon perpanjangan Izin Trayek/Izin Operasi) Wajib
4 Surat permintaan pertimbangan teknis yang dialamatkan Kepada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur. Wajib
5 Pertimbangan Administrasi dan Teknis Izin Pembaharuan Trayek/Izin Operasi dari Dinas Perhubungan Provinsi Wajib
No. Persyaratan Keterangan
1 Surat Permohonan Badan Usaha. Wajib
2 Surat Pernyataan bersedia mentaati peraturan. Wajib
3 Surat Pernyataan penyelesaian pembangunan crossing Wajib
4 Akte notaris pendirian perusahaan. Wajib
5 Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Badan Usaha/Perorangan Wajib
6 Dokumen Amdal / Izin Lingkungan / UPL-UKL Wajib
7 Peta Lokasi / Gambar Teknis yang disetujui DPU Wajib
  • :
  • :
FITUR PTSP
Close the dialog

Buku Tamu

Close the dialog

Pengaduan Online

Close the dialog

Jam Pelayanan PTSP


Senin - Kamis :

08.00 - 19.00 WITA


Jum'at :

08.00 - 11.00 WITA


Sabtu - Minggu :

LIBUR KERJA


Close the dialog

Kontak PTSP


Jl. Basuki Rachmat No. 56

Samarinda 75125, INDONESIA

Telp/Fax : +62-541 748399

Sms : +62-821 581 23544

e-mail : iso.ptspbppmd@gmail.com

http://bppmd.kaltimprov.go.id


TWITTER
@BPMPTSP_KALTIM