Kategori: Kajian Penanaman Modal
KALTIM AKAN MEMILIKI PABRIK SEMEN
Update: Selasa, 03 Januari 2017 | Disusun Oleh: Disusun Oleh : MEDIAN CANSERIO
artikel
  1. Investasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Pada Perkembanganya pertumbuhan investasi di Indonesia setiap tahunya mengalami kenaikan, namun pada Tahun 2016 pertumbuhanya diproyeksikan akan sulit mengalami kenaikan yang signifikan, dikarenakan harga minyak dan Gas yang selama ini menjadi pemasukan bagi APBN Indonesia lebih rendah dari perkiraan dan akan berdampak pada tahun-tahun berikutnya. Tentunya ini menjadi cambuk bagi Pemerintah untuk bisa memperhatikan potensi-potensi unggulan lainya agar pertumbuhan perekonomian di Indonesia bisa stabil dan diharapkan bisa terus meningkat pesat disetiap tahunnya, karena pulihnya perekonomian di Indonesia akan bergantung pada kebijakan Pemerintah dalam hal memperbaiki iklim usaha dan strategi pemerintah untuk menarik Investasi sebanyak-banyaknya.

Dengan adanya iklim Investasi yang baik maka Pemerintah dalam hal ini akan mendapatkan keuntungan dengan kuatnya pertumbuhan perekonomian guna kesejahteraan masyarakat. Faktor-Faktor yang dapat mempengaruhi investasi yang dijadikan bahan pertimbangan investor dalam menanamkan modalnya, yaitu : Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Stabilitas Politik dan perekonomian guna menjamin kepastian dalam berusaha dan kemudahan perijinan. Tanpa adanya beberapa faktor tersebut maka investor enggan untuk menanamkan modalnya, karena akan menjadi permasalahan dikemudian hari pada setiap kegiatan investasi. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sebagai salah satu Provinsi yang memiliki Sumber Daya Alam yang cukup melimpah terus mengupayakan potensi-potensi unggulanya untuk bisa dikembangkan dengan baik, karena selama ini Provinsi Kalimantan Timur masih mengandalkan potensi unggulanya pada komoditi batu bara dan minyak saja. Tentu potensi unggulan lainya harus bisa dikembangakan agar pertumbuhan perekonomian di wilayahnya bisa terus meningkat yang nantinya akan berguna bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Indutsri semen pada perkembanganya sudah menjadi salah satu tulang punggung perekonomian di Indonesia. Komitmen pemerintah untuk terus melakukan pembangunan insfrastruktur secara komprehensif di wilayah Indonesia membuat kebutuhan pasar semen dalam negeri diperkirakan akan terus mengalami peningkatan, tentunya membuat para investor bersemangat untuk membangun pabrik semen baru atau sekedar meningkatkan produksi. Jika kita melihat di beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki Industri Semen diwilayahnya maka dapat dipastikan sangat berkontribusi dalam hal peningkatan pendapatan asli daerah di wilayah itu sendiri, sehingga tidak berlebihan jika dikatakan Industri Semen dapat menggerakan perekonomian didaerah tersebut. kemudian jika melihat adanya pembanganan Industri semen pada wilayah-wilayah tertentu maka akan dapat menyerap tenaga kerja yang cukup banyak serta mampu menumbuhkan industri penunjang untuk melengkapi kebutuhan industri semen itu sendiri ataupun karyawan yang berkerja pada industri penunjang tersebut.

 

  1. Masuknya Industri Semen di Kalimantan Timur

Dalam rangka mengawal komitmen Pemerintah dalam hal pembangunan Insfrastruktur yang merata kesetiap pelosok daerah serta untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian dengan menjaga iklim investasi, dan kemudahan pelayanan perijinan yang selalu diupayakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui BPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur telah menarik beberapa perusahaan yang bergerak pada industri semen guna menunjang pelaksanaan pembangunan insfrastruktur yang selalu ditekankan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Beberapa perusahaan yang bergerak pada industri semen yang telah beroperasi di wilayah Kalimantan Timur, antara lain : PT. Semen Kaltim yang berada diwilayah Kabupaten Berau,  PT. Semeru Surya Semen yang berada diwilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, sedangkan untuk PT. Semen Bosowa yang berada diwilayah Kabupaten Berau dan PT. Semen Borneo Indonesia yang berada diwilayah Kabupaten Kutai Timur untuk saat ini masih dalam proses penyelesaian WIUP (Wilayah Izin Usaha Pertambangan).

PT. Semen Kalimantan Timur

PT. Semen Kalimantan Timur sendiri telah mendirikan sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang industri Semen yang meliputi semen portland, semen putih (dempul), gypsum dan kegiatan usaha terkait lainya. PT Semen Kalimantan Timur telah mendapatkan rekomendasi Gubernur Kalimantan Timur Nomor 570/3721/BPMPTSP-Kepala/2015 Tanggal 30 Juni 2015 dan telah memiliki izin prinsip pembangunan pabrik semen dikampung teluk sumbang Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur dengan nomor 12/64/IP/PMDN/2015 Tanggal 08 Juli 2015.

Disamping itu PT. Semen Kalimantan Timur juga telah memiliki izin Usaha pertambangan eksplorasi melalui anak perusahaanya yaitu PT. Alam Bhana Lestari Resource (Luas 1.007 Ha) dan PT. Gawi Manuntung Resources (Luas 149 ha) berlokasi juga dikampung teluk sumbang Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur yang saat ini dalam tahapan kegiatan eksplorasi lapangan untuk merencanakan dan menghitung cadangan secara keseluruhan areal pertambangan batu kapur.

 

            PT. Semeru Surya Semen

PT. Semeru Surya Semen awalnya perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang bergerak di bidang usaha industri semen yang berlokasi dikabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan, berdasarkan izin prinsip yang telah dikeluarkan oleh BKPM Jakarta Nomor : 28/1/IP/I/PMDN/2012. Tanggal 12 Juni 2012. Selanjutnya PT. Semeru Surya Semen melakukan izin perluasan ke Kalimantan Timur Nomor : 50/1/IP/III/PMDN/2012, tanggal 19 Desember 2012 , Izin Prinsip Perubahan Penanaman Modal Nomor : 79/1/IP-PB/PMDN/2015, tanggal 25 November 2015 serta Alih status dari PMDN menjadi PMA berdasarkan ijin prinsip Penanaman Modal Asing  (PMA) Nomor : 1746/1/IP/PMA/2016, tanggal 26 Juni 2016, dengan Rencana Investasi sebesar Rp. 514.500.000.000,00

Dari hasil pemantauan berdasarkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) realisasi investasi hingga Triwulan III /2016 mencapai Rp. 359.982.569.375,00 . Selain itu PT. Semeru Surya Semen disamping izin prinsip penanaman modal asing untuk bidang usaha industri semen dan barang dari semen juga memiliki izin prinsip lainya Nomor : 1745/1/IP/PMA/2016, untuk bidang usaha penggalian batu kapur /gamping. Dengan rencana investasi Rp. 40.000.000.000,00 yang berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara.

C.    Upaya Mendorong Percepatan Realisasi Investasi  

Investasi memang sangat penting sebagai penggerak utama perekonomian jangka panjang, untuk itu iklim investasi yang berada di wilayah provinsi Kalimantan Timur perlu dijaga bersama agar selalu kondusif dalam perkembangnya, tanpa menjaga iklim investasi yang kondusif maka pertumbuhan perekonomian jangka panjang akan sulit tercapai dan potensi unggulan lainya tidak akan bisa terekspose dan dikembangkan dengan baik oleh para investor.

Dengan berdirinya beberapa Industri Semen diharapkan dapat memenuhi kebutuhan semen nasional (Indonesia) yang masih kekurangan sampai saat ini hingga bisa merambah pasar ekspor Indonesia dan mampu memenuhi ketersediaan bahan untuk pembangunan, serta dengan berdirinya Industri Semen tersebut, dapat diharapkan memulihkan kembali perekonomian khususnya di wilayah Kalimantan Timur yang selama ini didominasi oleh batu bara dan minyak saja.

Manfaat lain yang dapat dirasakan oleh pemerintah provinsi Kalimantan Timur dengan dibangunya industri semen tersebut adalah dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dan juga dapat mengurangi angka pengangguran bagi masyarakat karena akan membuka lapangan pekerjaan yang akan dinikmati masyarakat luas.

Selain itu BPMPTSP provinsi Kalimantan Timur, juga terus mengupayakan pencapain realisasi investasi disetiap tahunya dengen beberapa strategi antara lain :

  1. Promosi investasi dan Bussines Matching dengan Mitra Strategis

Untuk lebih meningkatkan minat dari calon investor BPMPTSP provinsi Kalimantan timur mengemas promosi investasi dengan sangat serius. Data dan informasi dikompilasi dan dikemas sebaik mungkin.  Terhadap potensi investasi dilakukan kajian pandahuluan setingkat pra-studi kelayakan (Pra-FS)  untuk dapat menjadi informasi peluang investasi yang cukup memadai bagi calon investor dalam mengambil keputusan berinvestasinya.

Untuk investor yang sudah sangat serius, BPMPTSP Prov. Kaltim akan memfasilitasi business matching antara calon investor tersebut dengan SKPD teknis Provinsi dan Kabupaten/Kota serta rekan dunia usaha potensial yang dapat menjadi mitra.

 

  1. Pelaksanaan pelayanan perizinan terpadu satu pintu yang transparan dan cepat.

Pelayanan perijinan merupakan pintu gerbang bagi masuknya investasi di kaltim. Oleh karena itu, upaya peningkatan kualitas pelayanan perijinan terus dilakukan dari segi kewenangan, kelembagaan, sarana prasarana hingga dukungan percepatan pelayanan perizinan melalui pembuatan peraturan yang memudahkan bagi para investor dalam melakukan pelayanan perizinan.

 

  1. Mengoptimalkan LKPM secara Periodik

Meningkatnya realisasi investasi baik jumlah proyek, nilai investasi, maupun serapan tenaga kerja, menjadi indikator mutlak bagi berhasil tidaknya program peningkatan investasi. Kunci dari hal ini adalah tertibnya Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) yang harus dilaporkan secara periodik oleh setiap pelaku usaha investasi PMA/PMDN di Kalimantan Timur.

 

  1. Melakukan Pembinaan dan Pemantuan

Melakukan pembinaan terhadap perusahaan dalam hal pencapaian realisasi investasi dan penyampaian LKPM, karena masih banyaknya perusahaan yang belum menyampaikan LKPMnya terutama di instansi penanaman modal Kabupaten/Kota dimana perusahaan itu berlokasi.

 

  1. Program debottlenecking (mengatasi hambatan)

Program debottlenecking itu sendiri pertama dicetuskan oleh pemerintah SBY kemudian dilanjutkan secara berkala yang diterapkan juga oleh BKPM RI, debottlenecking dalam pengertianya adalah mengatasi masalah yang selama ini menghambat kepada setiap pelaku dunia usaha ataupun para aparatur sipil negara yang nantinya akan dibuat terkait kemudahan regulasi dan mediasi kepada pihak-pihak terkait yang ingin melakukan setiap kegiatan proyek yang sedang dijlankanya.

 

Median Canserio
Staf Bidang Pengendalian dan Pengawasan

 


go invest! Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur merupakan lembaga teknis yang menjadi unsur penunjang pemerintah provinsi dan memiliki tugas dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dibidang promosi dan investasi.
KONTAK DPMPTSP
Provinsi Kalimantan Timur

Jl. Basuki Rachmat No. 56
Samarinda 75125, INDONESIA
Telp : +62-541 743235
Fax : +62-541 736446
e-mail 1 : humas@bppmd.kaltimprov.go.id
e-mail 2 : humas.bppmdkaltim@gmail.com
http://dpmptsp.kaltimprov.go.id
0.0106