BERITA BPPMD
KALTIM EXPO BERJALAN SUKSES, GUBERNUR : KEDEPAN HARUS LEBIH DITINGKATKAN
Minggu, 27 Agustus 2017
artikel

SAMARINDA – Kaltim Expo 2017 resmi ditutup oleh Gubernur Kalimantan Timur Prof. DR. H. Awang Faroek Ishak pada minggu sore (27/8/2017), Pameran Pembangunan yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT RI Ke 72 Kalimantan Timur tahun 2017 ini berlangsung selama 7 hari mulai dari tanggal 21-27 Agustus, Kaltim Expo Tahun ini mampu mencetak transaksi senilai Rp. 13,7 miliar.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kaltim, Didi Rusdiansyah mengatakan, selama berlangsung sejak 21 Agustus lalu jumlah transaksi mencapai Rp 13,7 Miliar, angka ini belum final karena pameran masih akan berlangsung sampai malam nanti kami berharap transaksi dari properti dan outomotif mampu naik signifikan sampai malam nanti, karena target transaksi yang kita canangkan di awal sebesar Rp.15 Miliar, sementara tahun lalu mencapai Rp. 14 Miliar.

Kendati terjadi penurunan jumlah peserta dari unsur pemerintah akibat kondisi keuangan daerah, namun dari kalangan UKM dan swasta tidak menunjukkan perubahan signifikan, lanjut Didi Rusdiansyah yang bertindak juga selaku Koordinator Seksi Pameran Pembangunan HUT RI ke 72 Kalimantan Timur tahun 2017.

Dari jumlah Stand yang disediakan pada Kaltim Expo tahun ini sebanyak 244 stand yang terdiri dari 192 Stand di dalam Gedung dan 52 Stand UKM di luar gedung. Perlu disampaikan bahwa jumlah tersebut mengalami penurunan peserta sebanyak 38 Stand, hal ini disebabkan karena beberapa peserta mengundurkan diri pada saat pelaksanaan akan berlangsung dan pengurangan stand pada area Outdoor.

Pameran Pembangunan Kaltim Expo tahun ini merupakan gelaran ke-9 yang dilakukan oleh Pemprov Kaltim bekerjasama dengan Event Organizer (EO) PT. ADW Bersaudara Grup, pada kesempatan tahun ini PT. ADW kembali menggandeng dan bekerjasama dengan ASPERAPI Jawa Timur dengan membawa 40 stand UKM Jawa Timur pada Kaltim Expo tahun ini

Pada sambutannya Gubernur Kaltim mengharapkan ditahun mendatang untuk pelaksanaan Kaltim Expo maupun Kaltim Fair yang merupakan event tetap tahunan Provinsi Kalimantan Timur agar setiap OPD Provinsi,kabupaten/kota, BUMD/BUMN, UMKM baik dari Kaltim maupun di luar Kaltim untuk dapat berpartisipasi pada kegiatan tersebut dan juga tidak hanya menampilkan visualisasi hasil kinerja saja tetapi juga melakukan pelayanan publik secara langsung ke masyarakat.

Tidak hanya itu Gubernur Kaltim juga mengharapkan kepada pihak pelaksana atau Event Organizer untuk dapat lebih mengembangkan inovasi dan kreatifitas dalam hal konsep kegiatan, dan acara yang lebih menarik para pengunjung untuk bagi semua kalangan.

EO harus bisa melakukan penggabungan antara expo, rekreasi dan hiburan mengingat antusiasme masyarakat Kalimantan Timur yang haus akan hiburan. Dan tentu hal ini dapat dilakukan dengan kajian yang lebih mendalam lagi dengan melakukan study-study dibeberapa event nasional yang diselenggarakan di luar Kaltim.

Tambahnya, selama Kaltim Expo, berbagai kegiatan dilakukan termasuk seminar pariwisata, kaltim bersyukur, pemilihan putra- putri duta Kaltim expo dan pesona cilik kaltim 2017, Gowes Adventure,  lomba habsy, pentas seni Gelar Seni Daerah serta Penampilan Band Ibu Kota ARMADA pada acara penutupan Kaltim Expo 2017.

Pada akhir acara dilakukan juga pembagian piagam dan piala pemenang lomba stand terbaik yang diselanggarakan panitia selama pameran berlangsung oleh Gubernur Kalimantan Timur, pada kesempatan tersebut Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur keluar sebagai juara umum.

Gubernur sangat mengapresiasi lomba ini karena kegiatan ini dapat memicu para peserta yang notabene adalah OPD lingkup Pemprov. Kaltim untuk dapat berkreasi dan berinovasi dalam mensosialiasikan program kerja yang diselenggarakan oleh OPD masing-masing.


go invest! Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur merupakan lembaga teknis yang menjadi unsur penunjang pemerintah provinsi dan memiliki tugas dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dibidang promosi dan investasi.
KONTAK DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Basuki Rachmat No. 56
Samarinda 75125, INDONESIA
Telp : +62-541 743235
Fax : +62-541 736446
e-mail 1 : humas@bppmd.kaltimprov.go.id
e-mail 2 : humas.bppmdkaltim@gmail.com
http://dpmptsp.kaltimprov.go.id
0.0445