SARANA PRASARANA
Sarana Prasarana Kawasan Industri
Kamis, 27 Februari 2014
artikel

Sekilas Seputar Kawasan Industri Kalimantan Timur

Kalimantan Timur bersama Provinsi Riau dan Sumatera Utara berdasarkan Inpres Nomor I tahun 2010 sebagai Cluster Industri berbasis Pertanian, Oleochemical di Kawasan Maloy Kutai Timur dan bersama Provinsi Jawa Timur sebagai Cluster Industri berbasis migas dan kondensat di Kota Bontang.
 
Kaltim Industrial Estate (KIE)
Kawasan industri ini didirikan pada tahun 1990 dengan berlokasi pada daerah Tanjung Harapan seluas 64 Ha dan Paku Aji seluas 65 Ha yang keduanya berada dalam wilayah administratif Kota Bontang. Kawasan ini telah berkembang cukup pesat dengan fokus pada industri berbasis bahan baku gas alam.
 
Kawasan Industri Pendingin (KIP)
Kawasan ini diperuntukkan sebagai pusat kegiatan industri yang berada di daerah Pendingin, Kabupaten Kutai Kartanegara, 58 km dari kota Samarinda. Saat ini wilayah yang sudah dimanfaatkan seluas 9,3 Ha, dari total wilayah yang diperuntukkan seluas 337,9 Ha.
 
Kawasan Berikat Nunukan (KBN)
Kawasan ini diperuntukkan sebagai pusat kegiatan kawasan berikat dan simpul interelasi kegiatan perdagangan dan distribusi hasil alam antar negara terutama Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia yang berlokasi di Kabupaten Nunukan dengan luas lahan perencanaan seluas 500 Ha.
 
Kawasan Industri Api-Api (KIAA)
BP Kapet Sasamba menitikberatkan pembangunan pada daerah-daerah kabupaten-kota dan saat ini sedang melaksanakan upaya perluasan wilayah pembangunannya. Sehubungan dengan hal tersebut, saat ini sedang dikaji kemungkinan didirikannya kawasan industri baru di desa Api-Api, Kecamatan Petung dst.

Kapet Sasamba
Kapet Sasamba secara konsepsional diarahkan sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah Samarinda, Sanga-sanga, Muara Jawa, dan Balikpapan. Kesesuaian lahan di wilayah ini sangat potensial bagi sektor agroindustri seperti; kelapa, kelapa sawit, karet, lada, kopi, dan kakao.

Via: http://kaltimprov.go.id


go invest! Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur merupakan lembaga teknis yang menjadi unsur penunjang pemerintah provinsi dan memiliki tugas dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dibidang promosi dan investasi.
KONTAK DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Basuki Rachmat No. 56
Samarinda 75125, INDONESIA
Telp : +62-541 743235
Fax : +62-541 736446
e-mail 1 : humas@bppmd.kaltimprov.go.id
e-mail 2 : humas.bppmdkaltim@gmail.com
http://dpmptsp.kaltimprov.go.id
0.0315