BERITA BPPMD
PEMANTAUAN LAPANGAN KE PT. BERAU COAL, KAB. BERAU
Jumat, 15 September 2017
artikel

BERAU – Bidang Pengendalian dan Pelaksanaan (Dalak) DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur pada 29 – 31 Agustus 2017 lalu telah melaksanakan pemantauan lapangan ke PT. Berau Coal di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kegiatan pemantauan dimaksud dilaksanakan bersama dengan beberapa pejabat/pelaksana berwenang perwakilan DPMPTSP Kabupaten Berau.

Dapat diinformasikan bahwa PT. Berau Coal merupakan perusahaan PMA yang bergerak di Bidang Usaha pertambangan batubara, berlokasi di Kabupaten Berau. Berdasarkan Surat Persetujuan Presiden Nomor : B-10/Pres/3/1983, tanggal 24 Maret 1983, PT. Berau Coal memperoleh Persetujuan Perjanjian Kerjasama di Bidang Pertambangan Batubara antara Perusahaan Negara (PN) Tambang Batubara dengan Mobil Oil/Nissho Iwai, Jepang di daerah Kalimantan Timur dalam rangka pelaksanaan Undang – Undang Penanaman Modal Asing dan Undang-Undang Pokok Pertambangan. PT. Berau Coal merupakan perusahaan pemegang Perjanjian Kerjasama Pengusahaan Pertambangan Batubara yaitu Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) antara Pemerintah Republik Indonesia dan PT. Berau Coal sesuai Surat Perjanjian Nomor J2/Ji.DU/12/83 tanggal 26 April 1983.

            Luas Wilayah PKP2B PT. Berau Coal seluas ± 118.400 Ha dengan lokasi proyek  terletak pada 4 (empat) site, yaitu :

a

Site Sambarata dan Birang

:

di Kecamatan Tanjung Redeb dan Gunung Tabur;

b

Site Lati

:

di Kecamatan Gunung Tabur;

c

Site Binungan

:

di Kecamatan Sambaliung, Kecamatan Teluk Bayur, Kecamatan Segah  dan Kecamatan Tanjung Redeb;

d

Site Gurimbang

:

di Kecamatan Sambaliung, Kecamatan Gunung Tabur dan Kecamatan Tanjung Redeb.

 

 

 

 

PT. Berau Coal telah beberapa kali mengalami Izin Prinsip Perubahan PMA, yaitu tahun 2014 dan tahun 2015 terhadap perubahan alamat kantor pusat perusahaan, dan pada tahun 2015 juga terhadap perubahan Modal Perseroan dan Penyertaan Dalam Modal Perseroan. Sesuai Surat Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor : 56/PABEAN/PMA/2017 tanggal 8 Maret 2017, PT. Berau Coal telah memperoleh fasilitas pembebasan bea masuk dan pajak pertambahan nilai atas impor mesin/barang dan bahan dalam rangka Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B).

Semua site pada PT. Berau Coal telah memperoleh Izin Lingkungan baik berupa Persetujuan Analisis Dampak Lingkungan (Andal), Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL)  untuk Site Sambarata dan Birang pada tahun 2000 dari Menteri Pertambangan dan Energi; Kelayakan Lingkungan untuk Site Lati pada tahun 2009 dari Bupati Berau; Izin Lingkungan untuk Site Binungan pada tahun 2013 dari Bupati Berau; dan Izin Lingkungan untuk Site Gurimbang pada tahun 2017 dari Bupati Berau.

PT. Berau Coal telah menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal tahap pembangunan untuk Triwulan I dan II tahun 2017, juga telah melakukan penempatan Jaminan Reklamasi periode 2015 – 2019 dalam bentuk Bank Garansi pada Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Gambir Jakarta Pusat. Dengan adanya Perjanjian Kerjasama terkait penempatan Jaminan Reklamasi dan Pascatambang antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan 4 (empat) Bank Pemerintah (Bank Kaltim, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia) yang berada di Samarinda, maka disarankan agar PT. Berau Coal memindahkan penempatan Jaminan Reklamasinya pada salah satu Bank Pemerintah yang berada di Samarinda tersebut.

 


go invest! Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur merupakan lembaga teknis yang menjadi unsur penunjang pemerintah provinsi dan memiliki tugas dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dibidang promosi dan investasi.
KONTAK DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Basuki Rachmat No. 56
Samarinda 75125, INDONESIA
Telp : +62-541 743235
Fax : +62-541 736446
e-mail 1 : humas@bppmd.kaltimprov.go.id
e-mail 2 : humas.bppmdkaltim@gmail.com
http://dpmptsp.kaltimprov.go.id
0.0161