ARTIKEL BPPMD
RAKOR PENANAMAN MODAL DAN SINKRONISASI DATA LKPM PMA / PMDN TW II TAHUN 2017 SE-KALTIM, SERTA DIALOG
Selasa, 05 September 2017
artikel

Pada tanggal 10 Agustus 2017 telah dilaksanakan kegiatan Rakor Penanaman Modal dan Sinkronisasi Data LKPM PMA / PMDN Triwulan II Tahun 2017 Se – Kalimantan Timur serta Dialog Investasi Kota Bontang. Peserta terdiri dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Bontang dan OPD terkait Kota Bontang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur, DPMPTSP Kabupaten / Kota se Provinsi Kalimantan Timur serta Perusahaan Penanaman Modal di Kota Bontang.

Rapat ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas dan investasi melalui kerjasama antar daerah yang saling bersinergi, komprehensif dan terintegrasi antara stakeholder terkait baik di tingkat regional Kalimantan Timur, maupun di tingkat nasional, dengan tujuan meningkatkan koordinasi antar instansi yang membidangi penanaman modal di Kabupaten / Kota se-Provinsi Kalimantan Timur dalam mewujudkan program dan kegiatan di bidang penanaman modal, meningkatkan pemahaman aparatur dari instansi yang membidangi penanaman modal yang ada di Provinsi Kalimantan Timur tentang kebijakan-kebijakan penanaman modal, dan berbagi informasi tentang potensi dan peluang investasi di setiap daerah, upaya promosi dan pengembangannya.

Lebih lanjut disampaikan oleh narasumber Kepala DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur, bahwa investasi merupakan salah satu ujung tombak dalam menjalankan roda perekonomian sehingga perlu ditingkatkan pengelolaannya agar minat investor untuk menanamkan modalnya semakin meningkat, untuk mewujudkan iklim investasi yang ramah bagi investor.

Selanjutnya disampaikan juga oleh narasumber lainnya ( dr. H. Sofyan Hasdam, Sp. S ), bahwa untuk mencapai peningkatan produktifitas dan percepatan pertumbuhan ekonomi, masing-masing Kabupaten / Kota tidak dapat bergerak sendiri. Keberadaan Kabupaten dan Kota lain menjadi wilayah penyangga (buffer zone) antar satu daerah dengan daerah lainnya dalam wilayah Provinsi Kalimantan Timur tentunya memiliki peranan penting. Kemudian ditambahkan bahwa perlu adanya perubahan-perubahan mendasar manajemen pembangunan Kaltim saat migas kian menipis dengan melakukan transformasi dari perekonomian berbasis migas ke sektor agro industri, serta juga memberi penekanan tentang perekonomian di Kalimantan Timur harus bersifat “Resources Based Industry” yang didukung oleh usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang kuat dan tangguh.

Sesi terakhir acara Rapat Koordinasi disampaikan kembali oleh Kepala DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur berkenaan target realisasi investasi di Kalimantan Timur tahun 2017 sebesar Rp.34,97 Triliun. Pada Triwulan II tahun 2017, realisasi investasi mencapai angka Rp 16,43 Triliun atau 46,98% dari target realisasi investasi tahun 2017. Secara Nasional, realisasi investasi Provinsi Kalimantan Timur berada di peringkat IV untuk PMDN dan peringkat VII untuk PMA.


go invest! Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur merupakan lembaga teknis yang menjadi unsur penunjang pemerintah provinsi dan memiliki tugas dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dibidang promosi dan investasi.
KONTAK DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Basuki Rachmat No. 56
Samarinda 75125, INDONESIA
Telp : +62-541 743235
Fax : +62-541 736446
e-mail 1 : humas@bppmd.kaltimprov.go.id
e-mail 2 : humas.bppmdkaltim@gmail.com
http://dpmptsp.kaltimprov.go.id
0.0308