BERITA BPPMD
KUNJUNGAN DPMPTSP PROVINSI KALIMANTAN BARAT
Jumat, 08 September 2017
artikel

Samarinda- Jumat (8/9) bertempat di ruang APT. Pranoto, DPMPTSP Prov. Kaltim menerima kunjungan dari DPMPTSP Prov. Kalbar yang terdiri dari Sekretaris, Kabid Perencanaan dan Pengembangan, Kasi Pemberdayaan Usaha Daerah, Kasi Deregulasi PM dan Fungsional Umum dengan tujuan untuk memperoleh informasi/masukan-masukan terkait penyusunan kebijakan-kebijakan yang diterbitkan oleh DPMPTSP Prov. Kaltim khususnya Peraturan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pedoman dan tata cara pemberian insentif dan kemudahan penanaman modal daerah serta untuk menggali informasi mengenai program kegiatan dan kebijakan yang dapat mendorong tercapainya realisasi investasi baik PMA maupun PMDN, serta memperoleh masukan dan infromasi terkait peraturan yang berhubungan dengan pemberdayaan usaha daerah.

Pada kesempatan pertemuan tersebut, DPMPTSP Kalbar melalui Kabid PPIPM, Bpk. M.Yusuf menanyakan bagaimana proses penyusunan pergub kaltim hingga diterbitkan/dipublikasikan, serta bagaimana implementasi pemberian insentif tersebut kepada investor atau calon investor.

Ditanggapi oleh Bapak Bambang Iwan Priyatna bahwa untuk penyusunan peraturan diperlukan beberapa tahapan seperti :

   i.       Melakukan studi komparasi ke daerah-daerah yang sudah menerapkan pemberian insentif dan pemberian kemudahan penanaman modal,

 ii.       Penyusunan Naskah Akademis yang dilaksanakan oleh konsultan (pada saat pembuatan pergub ini menggunakan tenaga akademisi lokal),

iii.       Membentuk tim lintas SKPD dalam pembuatan draft perda dan pergub yang diatur dalam Surat Keputusan Gubernur.

iv.       Berdasarkan Permendagri Nomor 62 Tahun 2012, lampiran peraturan tersebut menyesuaikan kebutuhan di daerah.

 v.       Finalisasi penyusunan peraturan tersebut akan diserahkan ke biro hukum untuk diproses lebih lanjut.

vi.       Hasil dari finalisasi kemudian dibahas pada rapat prolegda di DPRD Kaltim

Selain itu sejak diterbitkannya peraturan tersebut hingga saat ini belum ada investor yang memanfaatkan fasilitas pemberian insentif dan kemudahan penanaman modal yang disebabkan oleh investor belum memenuhi persyaratan sebagaimana tercantum dalam peraturan tersebut.

Pada pertemuan ini disampaikan juga bahwa DPMPTSP Kaltim melakukan beberapa inovasi diantaranya  1) Pemanfataan teknologi informasi berbasis cyber office seperti pendaftaran izin online, e-tracking dan e-warning melalui aplikasi OPO (Optimalisasi Perizinan Online); Aplikasi SiJambang untuk Jaminan Reklamasi dan Pasca Tambang; dan E-Office terkait administrasi surat menyurat di DPMPTSP; 2) DPMPTSP Kaltim juga mengedepankan konsep Go Green untuk diterapkan pada lingkungan DPMPTSP; 3) Menerapkan sistem One Table One Solution (OTOS) untuk calon investor/investor berkonsultasi terkait permasalahan perizinan sehingga dibutuhkan SDM yang berkompeten untuk mendukung sistem tersebut.


go invest! Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur merupakan lembaga teknis yang menjadi unsur penunjang pemerintah provinsi dan memiliki tugas dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dibidang promosi dan investasi.
KONTAK DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Basuki Rachmat No. 56
Samarinda 75125, INDONESIA
Telp : +62-541 743235
Fax : +62-541 736446
e-mail 1 : humas@bppmd.kaltimprov.go.id
e-mail 2 : humas.bppmdkaltim@gmail.com
http://dpmptsp.kaltimprov.go.id
0.1732