SARANA PRASARANA
Sarana Prasarana Infrastruktur
Selasa, 29 April 2014
artikel

Peta Infrastruktur Kalimantan Timur

Ketersediaan infrastruktur yang handal telah menjadi kebutuhan mendesak dalam mendukung pengembangan wilayah Kalimantan Timur , mengingat potensi Kalimantan Timur dengan keunggulan kompetitif pada sektor pertambangan (minyak, gas, emas, batubara), pertanian, perkebunan (sawit, karet), serta perikanan. Potensi ainnya yang memiliki keunggulan komparatif juga membutuhkan dukungan infrastruktur yang handal, diantaranya adalah eco-cultural tourism dengan keunikan budaya lokal dan keanekaragaman hayati seperti ditemukan pada kawasan-kawasan konservasi (Taman Nasional Kutai, Sungai Wein, Kayan Mentarang, Delta Mahakam) yang direncanakan akan menjadi salah satu world heritage.

Pembangunan dan pengembangan infrastruktur seperti transportasi, telekomunikasi, kelistrikan, perbankan, merupakan upaya pembangunan di daerah yang telah dilaksanakan dengan melibatkan investasi baik yang berasal dari Pemerintah maupun pihak non pemerintah ( Badan Usaha Milik Negara dan Swasta).

Seluruh potensi yang dimiliki Kalimantan Timur dengan keunggulan komparatif dan kompetitifnya, memiliki prospektif untuk dipromosikan ke pasar berskala regional maupun internasional. Hal ini terkait dengan posisi geografis wilayah Kalimantan Timur yang strategis terhadap jalur perdagangan internasional.

Keberadaan prasarana dan sarana transportasi yang handal telah menjadi sebuah kebutuhan mendesak dalam mendukung pengembangan wilayah Kalimantan Timur , mengingat potensi wilayah Kalimantan Timur yang besar dengan keunggulan kompetitif pada sektor-sektor pertambangan (minyak, gas, emas, batubara), sektor pertanian dalam arti luas (perkebunan, perikanan serta hortikultur). Jaringan Infrastruktur merupakan suatu sistem yang terdiri dari sarana dan prasarana yang didukung oleh tata laksana dan sumber daya manusa.


go invest! Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur merupakan lembaga teknis yang menjadi unsur penunjang pemerintah provinsi dan memiliki tugas dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dibidang promosi dan investasi.
KONTAK DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Basuki Rachmat No. 56
Samarinda 75125, INDONESIA
Telp : +62-541 743235
Fax : +62-541 736446
e-mail 1 : humas@bppmd.kaltimprov.go.id
e-mail 2 : humas.bppmdkaltim@gmail.com
http://dpmptsp.kaltimprov.go.id
0.0111