BERITA BPPMD
Audiensi KADIN Kaltim dengan DPMPTSP Prov. Kaltim
Rabu, 11 Oktober 2017
artikel

Samarinda, Selasa (10/10) Bertempat di Ruang Rapat APT. Pranoto, DPMPTSP Prov. Kaltim menerima kunjungan dari KADIN Kaltim yang diterima oleh Kepala DPMPTSP Kaltim, Kabid PPIPM, Kepala Seksi  dan Kepala Sub Bagian dilingkup DPMPTSP Prov. Kaltim.  Adapun tujuan Audiensi KADIN Kalimantan Timur dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Timur yaitu melakukan diskusi terkait perkembangan realisasi investasi di Kaltim.

Pertemuan dipimpin sekaligus dibuka oleh Kepala DPMPTSP Prov. Kaltim, Bapak H. Diddy Rusdiansyah.AD, SE,.M.Si. Dalam paparannya disampaikan bahwa Investasi yang terjadi akhir-akhir ini mengalami perubahan yang semakin positif dimana realisasi investasi yang tercatat hingga sekarang mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada perkembanganya. Komoditas yang menjadi produk unggulan dalam investasi tersebut masih didominasi oleh sektor migas dan batubara, tetapi disisi lain pada sektor perkebunan juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan hal tersebut sejalan dengan realisasi investasi di Kalimantan Timur yang sudah on the track sesuai dengan RPJMD Kalimantan Timur.

Saat ini DPMPTSP Kaltim melakukan inovasi-inovasi yang mendukung pelayanan perizinan diantaranya yaitu 1) Pemanfataan teknologi informasi berbasis cyber office seperti pendaftaran izin online, e-tracking dan e-warning melalui aplikasi OPO (Optimalisasi Perizinan Online) dan ditargetkan pada tahun 2017 terdapat 34 jenis izin yang dapat diakses secara online; 2) Menerapkan sistem One Table One Solution (OTOS) untuk calon investor/investor berkonsultasi terkait permasalahan perizinan.

Pada sesi diskusi yang dipimpin oleh Kabid Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal, Bapak Bambang Iwan Priyatna, SE,.MT dan ada beberapa hal yang disampaikan sebagai pengantar diskusi antara lain : 1) DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur sedang merevisi Pergub tentang PTSP, dalam revisi tersebut banyak sekali perubahan yang dilakukan guna memudahkan para pelaku dunia usaha dalam memproses perizinan dan alur perizinan yang selama ini telah dilakukan; 2) Proses perizinan lainya DPMPTSP telah membuat regulasi perizinan 3 jam yang sudah dirampungkan dan akan segera disosialisasikan; 3) Bidang Pelayanan Perizinan saat ini telah berkerjasama dengan deputi pencegahan KPK dalam mekanisme alur perkerjaanya, dari kerjasama tersebut diharapkan dapat menghasilkan proses perizinan yang transparan, profesional dan berorientasi kepada pelayanan publik.

Adapun hal-hal yang disampaikan dari Kadin Kaltim yaitu: 1) Saat ini Kadin Kaltim sedang menjajakan MOU dengan Gubernur Kaltim terkait kesiapan Kadin dalam memfasilitasi investor asing yang akan menanamkan modalnya di Kalimantan Timur; 2) Meminta  data terkait realisasi investasi, peluang dan potensi serta regulasi sehingga Kadin dapat memfasilitasi para investor yang berpotensi menanamankan modalnya, sekaligus mempromosikan daerah Kalimantan Timur; 3) Kadin saat ini sedang merancang Pergub terkait pertimbangan teknis bagi pelaku dunia usaha, diharapkan bisa difasilitasi dan disinergikan dengan regulasi yang terdapat di DPMPTSP Prov. Kaltim.

Hasil dari pertemuan ini diharapkan kedepannya bisa terus berlanjut dan dapat menemukan opsi-opsi lainya terkait potensi investasi yang terdapat di wilayah Kalimantan Timur karena selama ini   masih mengandalkan komoditas batu bara dan migas sebagai penopang utama pertumbuhan ekonomi di wilayahnya, dan kiranya melalui audiensi ini dapat menjadi bahan masukan bagi pemerintah setempat untuk bisa lebih mengoptimalkan pada pelayan perizinannya dan juga mendorong percepatan pembangunan dalam bidang insfrastruktur.


go invest! Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur merupakan lembaga teknis yang menjadi unsur penunjang pemerintah provinsi dan memiliki tugas dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dibidang promosi dan investasi.
KONTAK DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Basuki Rachmat No. 56
Samarinda 75125, INDONESIA
Telp : +62-541 743235
Fax : +62-541 736446
e-mail 1 : humas@bppmd.kaltimprov.go.id
e-mail 2 : humas.bppmdkaltim@gmail.com
http://dpmptsp.kaltimprov.go.id
0.0161