POTENSI & PELUANG INVESTASI
Potensi & Peluang Investasi Sektor Perikanan
Kamis, 27 Februari 2014
artikel

SEPUTAR PERIKANAN KALIMANTAN TIMUR


Jumlah rumah tangga perikanan mengalami peningkatan karena adanya reklamasi lahan dari batubara menjadi area danau untuk perikanan. Fenomena ini terjadi terutama di daerah Nunukan, Kutai Timur dan Berau.

Produksi perikanan mengalami peningkatan 16 persen dari 378.830,3 ton di tahun 2011 menjadi 438.744,2 ton di tahun 2012. Sarana penangkapan ikan laut pada tahun 2012 terdiri dari perahu tanpa motor, perahu dengan motor tempel dan kapal motor. Jumlah total armada pada tahun 2012 sebanyak 27.518 unit.  Bila dibandingkan dengan tahun 2011 yang jumlah armadanya mencapai 28.732 unit, maka terjadi penurunan jumlah armada perikanan laut. Hal tersebut disebabkan nelayan mengurangi penggunaan perahu dengan motor tempel karena sebagian besar rusak, dan selain itu nelayan juga beralih ke kapal motor yang ukurannya lebih besar.


1. Investasi Ikan Kerapu Yang Menguntungkan

Ikan kerapu merupakan komoditas yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karena permintaan di pasar dunia maupun domestik cukup tinggi. Rasa dagingnya yang lezat, membuat ikan kerapu ini memiliki nilai jual yang tinggi di pasar dunia.

Usaha budidaya karamba jaring apung (KJA) ikan kerapu yang diasumsikan memilki unit pembenihan, 13 unit keramba pendederan/pengelondongan dan 10 unit keramba pembesaran Ikan kerapu merupakan komoditi unggulan yang prospektif untuk dikembangkan di Kalimantan Timur. Prospek budidaya ikan kerapu yang cerah ini, disebabkan dengan semakin meningkatnya permintaan pasar baik pasar luar negeri mapun domestik. Pasar luar negeri yang potensial adalah Hongkong, Singapura dan Jepang, sementara pasar domestik diperuntukkan sebagai hidangan di restoran dan hotel.

Ikan kerapu tergolong ikan karang yang sulit dibudidayakan. Namun, ditinjau dari aspek teknis, Kalimantan Timur khususnya daerah perairan Bontang, Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Berau layak untuk pengembangan budidaya ikan kerapu, terbukti dengan semakin banyaknya nelayan yang mengusahakannya.

Download Kajian Selengkapnya Disini


2. Kajian Keunggulan Kalimantan Timur Dalam Menarik Investasi

Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu Provinsi terluas memiliki potensi sumberdaya alam melimpah dimana sebagian besar potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Sumberdaya alam dan hasil-hasilnya sebagian besar diekspor keluar negeri, sehingga Provinsi ini merupakan penghasil devisa utama bagi negara, khususnya dari sektor Pertambangan, Kehutanan dan hasil lainnya.

Kalimantan Timur memiliki obyek wisata yang beragam, yang terdiri dari Wisata Bahari, Pantai, Pegunungan, Goa, Hutan Raya, Hutan Lindung, Sungai, Laut, Danau, Daerah Aliran Sungai, Petualangan dan Wisata Alam Buatan. Wisata ini terdapat disepanjang pesisir Kalimantan Timur, yang sudah berkembang adalah di Kabupaten Berau yang terletak di Kecamatan  Tanjung Batu Kepulauan Derawan. Untuk wisata pantai yang sudah dikelola terletak di Kota Balikpapan, Kota Tarakan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Bulungan.

Terdapat 8 (delapan) jenis klaster kawasan industri di Provinsi Kalimantan Timur yang hingga saat ini terus dibangun dan dikembangkan untuk mendukung upaya percepatan transformasi ekonomi.

Adapun 8 (delapan) kawasan industri yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Kawasan Industri Kariangau
  2. Kawasan Industri Jasa dan Perdagangan Kota Samarinda dan Kukar
  3. Kawasan Industri Berbasis Migas dan Kondensat Kota Bontang
  4. Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional Maloy
  5. Kawasan Industri Pariwisata Kepulauan Derawan
  6. Kawasan Industri Pertanian Kabupaten Paser dan PPU
  7. Kawasan Industri Pertanian Kukar dan Kubar
  8. Kawasan Strategis Perbatasan Mahakam Ulu

Download Kajian Selengkapnya Disini


go invest! Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur merupakan lembaga teknis yang menjadi unsur penunjang pemerintah provinsi dan memiliki tugas dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dibidang promosi dan investasi.
KONTAK DPMPTSP Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Basuki Rachmat No. 56
Samarinda 75125, INDONESIA
Telp : +62-541 743235
Fax : +62-541 736446
e-mail 1 : humas@bppmd.kaltimprov.go.id
e-mail 2 : humas.bppmdkaltim@gmail.com
http://dpmptsp.kaltimprov.go.id
0.0296